Hybrid Working? Saat ini per-tanggal 21 Agustus 2023, pada sektor ASN di DKI Jakarta kini telah menerapkan uji coba hybrid Working guna mengurangi polusi udara, khususnya kota Jakarta yang belakangan ini tercatat mengalami penurunan kualitas udara ke taraf cukup mengkhawatirkan. Dengan begitu, untuk mengurangi polusi yang sedang memburuk ini, para aparatur pemerintah pusat DKI Jakarta memberlakukan kebijakan ini, latar belakang lainnya yang juga menjadi pusat perhatian ialah faktor kesehatan khususnya pernafasan yang akan ditimbulkan.

Walau demikian, kebijakan hybrid working dengan WFH yang pernah diterapkan pada masa pandemi yang lalu, hybrid Working merupakan sebuah tindakan khususnya saat ini dengan presentase pegawai yang masuk kerja onsite sebanyak 50% serta sisanya bekerja dirumah. Tentu hal ini akan kembali maraknya aktivitas kerja menggunakan berbagai macam aplikasi konferensi, seperti Zoom, Google Meet, atau bahkan Whatsapp dengan fitur Share Screen.

Dari yang pernah dialami sebelumnya, hybrid Working ini akan memberikan dampak penurunan produktifitas karena koordinasi bagi yang onsite dengan yang WFH menjadi cukup sulit. Bukan hanya itu, kadang perangkat webcam atau conference camera, mic, dan terkadang earphone/headset yang dibutuhkan kantor tidak sedikit serta cukup merepotkan bila membeli banyak device pada satu waktu dalam waktu singkat.

Namun, jangan khawatir saat ini PT Mandiri Artha Solusi memiliki jawaban atas berbagai macam batasan yang sudah disebutkan sebelumnya. Kini memperkenalkan sebuah perangkat conference camera terbaru dengan publisher Kandao yaitu Kandao Meeting Ultra dan Kandao Meeting Ultra Standard. Perangkat satu ini akan sangat membantu dan juga memberikan peningkatan dari pengalaman penggunaan, produktifitas, aksesibilitas, hingga peforma.

Perangkat ini bisa dikatakan sebagai All in One Conference Camera, tidak hanya sisi kamera dengan 360° beresolusi 4K UHD yang juga disempurnakan dengan fitur AI (real time HDR, face detection, auto framing, auto tracking speaker), namun mengusung mic dengan range omni-directional dan gain berjarak 5,5 meter yang juga sudah dilengkapi dengan noise cancellation, dan speaker berkualitas yang juga disebut dengan HIFI speaker.

Pada seri tertinggi pada kamera Kandao ini yaitu Kandao Meeting Ultra, telah dilengkapi dengan 2 buah layar bertipe duplex yang akan lebih lagi memudahkan pengoperasian perangkat satu ini. Secara keseluruhan perangkat keren ini sudah terinstal OS Android yang juga bisa menjaankan berbagai macam aplikasi konferensi dengan mudah tanpa terintegrasi dengan perangkat tambahan.